Saturday, July 7, 2012

Laporan KKL Kelompok A


 LAPORAN KULIAH KERJA LAPANGAN




Kelompok :
1.    Reqi Rangga Raditya – 064.08.003
2.    Michele Annerina - 064.08.006
3.    Kiki Widiasari – 064.08.018
4.    Risa Resty Yunita – 064.08.024
5.    Tresnanto – 064.08.027

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS TRISAKTI
2012


I.         Pendahuluan

Acara Kuliah Kerja Lapangan yang diadakan oleh Jurusan Teknik Informatika ini akhirnya diselenggarakan pada hari Senin, 2 Juli 2012 sampai Selasa, 3 Juli 2012. Setelah proses survey dan perizinan yang telah dilakukan panitia, maka didapatlah beberapa tempat yang menjadi tujuan kunjungan kami, yaitu UPT Pusat Komputer Universitas Trisakti, Jakarta Convention Centre Senayan, dan R&D Centre PT. Telkom Indonesia Bandung. Kami mengunjungi UPT Puskom terlebih dahulu, setelah itu langsung menuju JCC Senayan. Lalu kami langsung jalan menuju ke Bandung.
Kami menginap selama satu malam di Villa Aurellia. Jalan yang cukup sulit harus kami lalui untuk sampai ke penginapan. Ketika sampai di penginapan, kami memulai acara awal yaitu bakar – bakar sosis, daging, dan jagung untuk makan malam disana. Udara yang cukup dingin menjadi tidak terasa dikarenakan kebersamaan kami selama melakukan bakar – bakar itu. Panitia acara pun mengumumkan acara berikutnya yaitu lomba gaple yang diikuti oleh seluruh peserta pria, dan dimainkan secara bergiliran, dan akhirnya kami tertidur karena sudah kehabisan tenaga seharian. Pada pagi hari, kami berolahraga futsal di lapangan depan penginapan. 1 tim terdiri dari 3 orang saja, dan lagi – lagi hanya peserta pria saja yang berolahraga. Peserta perempuan hanya menjadi supporter dari tim kelompoknya. Setelah sarapan pagi, kami bersiap – siap untuk check out dari penginapan sekaligus menuju kunjungan terakhir yaitu PT. Telkom Indonesia Bandung.

II.      Kunjungan

1.     UPT Pusat Komputer Universitas Trisakti
Kunjungan pertama pada acara Kuliah Kerja Lapangan ini adalah UPT Pusat Komputer Universitas Trisakti yang bertempat pada lantai 8 Gedung E, Universitas Trisakti. Tidak terlalu banyak yang kami lakukan pada kunjungan ini. Setelah semua peserta KKL sudah berkumpul, kami mengisi absen yang digunakan untuk perhitungan nilai UAS. Absen akan dilakukan 3x selama perjalanan ini, dan ini adalah yang pertama.
Kunjungan ini dipandu oleh Pak Hasim sebagai Pengelola dari UPT Pusat Komputer bagian pengadaan. Banyak informasi yang diberikan kepada peserta mengenai UPT Pusat Komputer. Untuk urusan jaringan di Trisakti dikelola atau diurus oleh tim IT Trisakti yang dipimpin oleh Pak Samuel. Ternyata jaringan seluruh fakultas di Trisakti belum semua bersumber pada UPT Puskom. Tapi hal ini sudah diajukan kepada pihak Universitas supaya lebih mudah untuk mengintegrasikannya.

Selama ini UPT Puskom diketuai atau dikelola langsung oleh Pak Agung yang sekarang menjabat sebagai Ketua Jurusan Teknik Informatika Universitas Trisakti. Lalu pembagian jalur dari UPT Puskom yaitu, Sub Unit I fokus pada Sistem Informasi, Sub Unit II fokus pada pelatihan, Sub Unit III fokus pada pengadaan. UPT Puskom secara rutin melakukan pelatihan yang diperuntukkan kepada karyawan – karyawan Universitas Trisakti.
           Pertanyaan : “Berapa banyak server yang UPT Puskom gunakan?”
Jawaban : “Ada 9 rak server yang selama ini digunakan dan itu menyimpan data – data beberapa fakultas di Trisakti.”

Dokumentasi Kunjungan



2.     Jakarta Convention Centre Senayan
Setelah kunjungan kami ke UPT Pusat Komputer, kami bersiap – siap menuju JCC Senayan. Kami berangkat dari kampus Trisakti menggunakan bus yang sudah disewa oleh panitia. Ketika sampai pada tempat tujuan, kami langsung diarahkan menuju ruang seminar. Seminari ini dipandu oleh Bapak Jamal Komarudin sebagai Instruktur Safety Emergency, Bapak Ivan Oktarizal sebagai Wakil Manajemen, Bapak Salis sebagai Staff  IT dan Ibu Mirtha sebagai Public Relations. Banyak informasi yang disampaikan pada seminar mengenai sejarah tentang JCC itu sendiri dan semakin menjerumus ke dalam bidang IT nya. Server yang digunakan di JCC sejauh ini ada 7 server.
Dulu, JCC berhasil medevelop program kerja untuk menyediakan akses WiFi secara gratis pada tahun 2004, dan sekarang  Tim IT JCC menyusun proyek untuk membuat WiFi lebih tersebar luas demi kenyamanan pengunjung/masyarakat. Secara rutin pihak JCC melakukan training – training baik hardware maupun software yang diberikan kepada karyawan/anggota internal demi konsistensi atau bahkan meningkatkan kualitas SDM nya.
Pertanyaan 1 : “Sejak tahun berapa JCC menggunakan teknologi internet dan jaringan?”
Jawaban 1 : “Penggunaan teknologi internet dan jaringan pada JCC sudah dimulai sejak tahun 1950.

Pertanyaan 2 : “Lalu bagaimana cara mentransformasikan teknologi yang sudah lama itu dengan teknologi yang baru, karena dalam beberapa hari saja sudah muncul teknologi baru, apalagi JCC sudah menggunakan teknologi ini selama 50 tahun lebih?”
Jawaban 2 : ”Tim IT JCC selalu melakukan maintenance pada setiap aspek jaringan yang ada secara rutin. Tim selalu melakukan update baik itu hardware ataupun software berdasarkan pada kebutuhan yang diperlukan, sehingga teknologi yang kami gunakan dapat berubah – ubah sesuai kebutuhan kami.”

Dokumentasi Kunjungan




3.     R&D Centre PT. Telkom Indonesia Bandung
Kunjungan akhir pada acara Kuliah Kerja Lapangan ini adalah PT. Telkom Indonesia. Kami melakukan perjalanan menuju PT. Telkom Indonesia pada pukul 11.00 dari penginapan. Dan kami sampai pada tujuan pada pukul 12.30, kami langsung menuju bagian R&D Centre dari PT. Telkom Indonesia. Kami dikumpulkan pada sebuah ruang seminar bundar dan bagian humas Telkom pun langsung membuka acara. Beberapa patah kata sambutan pun dipaparkan oleh Ketua Pelaksana acara Kuliah Kerja Lapangan ini, yaitu saudara Apriansyah Pratama. Lalu, Pak Iskandar sebagai Humas R&D Centre PT. Telkom menjelaskan sedikit tentang sejarah PT. Telkom Indonesia dan badan organisasinya.
Pada sesi kedua, Pak Indra sebagai Direktur Bandung Digital Valley. Pak Indra banyak memaparkan tentang manajemen bisnis dan permodelan bisnis yang tentu saja fokus pada bisnis IT. Beliau memberi kepercayaan diri ke setiap peserta untuk tidak takut berbisnis dalam bidang IT selama dilakukan dengan manajemen yang benar dan dibarengi dengan niat. Bandung Digital Valley ini dibangun oleh PT. Telkom Indonesia untuk memfasilitasi para creator bisnis IT yang ada di Indonesia untuk berkumpul, sharing, dan menunjukkan hasil karya anak negeri.
Pertanyaan 1 : “Apakah program Telkom Learning Centre dapat mengundang mahasiswa sebagai peserta, karena ilmu manajemen bisnis seperti ini tidak terfokus pada perkuliah di jurusan Teknik Informatika Usakti?”
Jawaban 1 : “Kebetulan untuk program Telkom Learning Centre hanya dikhususkan untuk internal kami, jadi hanya karyawan yang dapat layanan Telkom Learning Centre. Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk para mahasiswa yang ingin belajar di PT. Telkom ini lewat jalur KP/TA, sehingga mereka yang terdaftar sebagai peserta KP/TA akan mendapat Pembimbing yang akan memandu atau mengarahkan selama mereka belajar disini.”
Pertanyaan 2 : “Apa saja upaya yang dilakukan oleh PT. Telkom untuk mensosialisasi setiap inovasi – inovasi yang telah dilakukan kepada masyarakat?”
Jawaban 2 : “Biasanya kami dari bagian humas melakukan sosialisasi lewat periklanan untuk masyarakat umum. Tapi tidak jarang juga kami mengirim beberapa orang untuk turun langsung ke lapangan dengan tujuan mensosialisasikan melalui sekolah – sekolah, universitas, yayasan, komunitas, dll.
Dokumentasi Kunjungan







Laporan Keuangan Kelompok A
Kami dari kelompok A mendapat tugas untuk mengurus publikasi dari acara Kuliah Kerja Lapangan. Publikasi yang kami gunakan berupa beberapa poster yang kami pasang di lingkungan FTI dan spanduk. Pengeluaran ditambah dengan biaya tidak terduga seperti akomodasi, transportasi, dll. Berikut rincian dari biaya yang kami terima dan kami keluarkan selama proses pembuatan materi publikasi.

Uang yang diterima dari bendahara                                        Rp. 200.000,-

Uang yang dikeluarkan :
1.     Spanduk (4x1 meter)               @Rp. 30.000/m                     Rp. 120.000,-
2.     Poster 25 lembar                     @Rp. 2000/lbr                       Rp.   50.000,-
3.     Transportasi & Akomodasi                                                   Rp.   30.000,-
Total                                                                                    Rp. 200.000,-

Dengan begitu, kami dapat memaksimalkan penggunaan dana yang diberika oleh bendahara dan kami tidak perlu mengeluarkan uang lebih di luar pendanaan yang didapat dari bendahara.


No comments:

Post a Comment